Saturday 17 November 2012

Hidup Jenuh karena Lemak Jenuh?



Banyak orang sulit menghindari makanan bersantan serta gorengan. Selain karena rasanya yang lezat, banyak yang tidak paham mengapa mereka lebih baik menghindarinya. Apakah kamu salah satunya? Berarti kamu wajin baca artikel kami hari ini.
Apa itu Lemak Jenuh?
Lemak jenuh (saturated fat) adalah lemak yang dibilang “jahat” secara nutrisi. Lemak jenuh yang murni mudah dikenali, yakni berbentuk padat di suhu ruang. Mentega/butter adalah contoh lemak jenuh, demikian pula “gajih” atau lemak berwarna putih di pinggiran daging.
Mengapa harus hindari lemak jenuh?
Sudah banyak riset yang menunjukkan bahwa konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini bisa berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit metabolik, seperti stroke dan penyakit jantung koroner. Departemen Kesehatan RI menganjurkan, sekurang-kurangnya konsumsi lemak jenuh perhari jangan melebihi 18 gram saja.
Makanan apa yang tinggi lemak jenuh?

Tentunya susah mengira-ngira kandungan lemak dalam makanan, bukan? Karena itu, kami melengkapi artikel ini dengan daftar makanan—di sekitar kita—yang mengandung lemak jenuh. Here goes!
MakananSatuanLemak jenuh (g)%AKG (18 g)
SantanSendok makan3,217,7%
Mentega (butter)Sendok makan7,340,5%
Dada ayam goreng tepungPotong2,413%
French friesLargesaji3,217,7%
MayonesSendok makan0,73,8%
Thousand IslandSendok makan0,84,4%
Tahu gorengPotong (13 g)0,42,2%
Mie telur masakcup0,63,3%
Mie InstanSaji (75 g)633%
Keju CheddarSaji (30 g)422%
Minyak kelapa sawitSendok makan6,737%
(Data diambil dari USDA National Food Database)
Benarkah margarin lebih baik dari mentega?
Belum tentu. Margarin diiklankan lebih baik dari mentega karena tidak mengandung kolesterol. Namun ternyata, kandungan lemak jenuh pada margarin dan mentega tidak berbeda jauh kok. Tak hanya itu, margarin mengandung trans fat yang bisa menaikkan kadar kolesterol darah lebih tinggi dibandingkan lemak jenuh1.
Tak hanya margarin yang kaya trans fat; makanan-makanan siap saji juga mengandung trans fat lho. Coba teliti komposisi makanan pilihanmu. Bila tercantumpartially hydrogenated oil di dalamnya, itu artinya dia mengandung trans fat1. Jadi, pilih makananmu dengan bijak ya!

0 comments:

Post a Comment

APABILA APA FILE YANG RUSAK TOLONG DI BERITAHUKAN AGAR SAYA DAPAT MEMPERBAHARUINYA,,,,,,,,, TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG,,,,,