Saturday 17 November 2012

Tips Sederhana Cegah Diabetes




Diabetes? Mungkin sebagian dari kita mengartikan kata itu sebagai “penyakit orang tua”, dan orang yang “masih muda” jarang sekali terkena penyakit ini. Namun, fakta berkata lain. Di Asia, diabetes mulai menyerang orang pada usia yang lebih muda dibanding orang yang tinggal di bagian dunia yang lain. Bahkan, dalam beberapa dekade terakhir, penderita diabetes telah meningkat 6 kali lipat, dengan penyumbang jumlah penderita diabetes terbanyak ada di benua Asia.
Ya, ancaman diabetes memang semakin dekat menghampiri kita semua. Karena itu, di Hari Diabetes Sedunia ini, kami ingin berbagi tips-tips mudah mencegah diabetes. Inilah beberapa di antaranya:
Sarapan tiap hari. Pada orang yang tidak sarapan, risiko diabetesnya naik 50%. Mengapa? Orang yang tidak sarapan biasanya makan lebih banyak di waktu makan berikutnya, sehingga cenderung lebih gemuk. Dan kegemukan adalah salah satu faktor yang menaikkan risiko terkena diabetes.
Cukupi Vitamin D. Orang yang cukup vitamin D lebih terlindungi dari diabetes dibandingkan orang yang kekurangan vitamin D. Apa saja sumber vitamin D? Mudah saja: sinar matahari dan makanan seperti susu, telur, dan ikan laut. Berbahagialah kita, karena matahari bersinar sepanjang tahun, sehingga kita punya banyak kesempatan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.
Makan perlahan-lahan. Ya, dengan makan secara perlahan risiko diabetes kita bisa ditekan. Makan secara perlahan membantu kita lebih sadar terhadap rasa kenyang sehingga kita dapat mengendalikan jumlah makanan yang masuk ke mulut kita. Hasilnya, kita tidak makan berlebih, dan terhindar dari kegemukan & diabetes.
Kurangi minuman dan makanan yang tinggi
kandungan gulanya. Semakin banyak minuman bergula yang kita konsumsi, maka risiko diabetes kita makin tinggi. Apa saja minuman dan makanan tersebut? Cek artikel blognutrisi yang ini.
Perbanyak makan sayur, terutama sayuran hijau. Tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, makan sayur juga cegah diabetes, terutama sayuran hijau yang kaya mineral magnesium. Dengan menambahkan 1,5 porsi sayuran per hari dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 14%7. Untuk yang bingung, satu porsi setara dengan satu mangkuk sayuran.
Biasakan minum teh. Studi terbaru di negara-negara yang mengonsumsi teh hitam menunjukkan, semakin tinggi konsumsi teh hitam negara tersebut, kemungkinan terkena diabetes semakin kecil. Contohnya, penduduk Cina yang memiliki kebiasaan minum teh minimal 1 gelas per hari mengalami penurunan risiko diabetes hingga 14%.
Bergerak lebih banyak. Berapa lama kita duduk dalam sehari? Faktanya, semakin lama (dan sering) kita duduk, maka risiko diabetes kita meningkat hingga 2 kali lipat. Usahakan untuk menyelipkan aktivitas ringan  diantara kesibukan harian kita, misalnya dengan berjalan kaki, stretching di tempat, dan kurangi waktu duduk kita.
Tidur cukup setiap hari. Tidur cukup, selain membantu kita bekerja dan belajar lebih optimal esok hari, ternyata melindungi kita dari diabetes. Satu lagi yang tak kalah penting: tidur dengan lampu mati. Mengapa penting? Lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel post blognutrisi yang ini.
Percaya atau tidak, dengan melakukan hal hal di atas setiap hari, kita sudah mengurangi kemungkinan terkena diabetes, lho! Karena itu, yuk jadikan kebiasaan serta beritahukan juga kepada teman-teman dan kerabatmu. Salam sehat!

0 comments:

Post a Comment

APABILA APA FILE YANG RUSAK TOLONG DI BERITAHUKAN AGAR SAYA DAPAT MEMPERBAHARUINYA,,,,,,,,, TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG,,,,,